Sabtu, 22 Desember 2007

Core Process & Core Competence

Beberapa proses yang ada didalam suatu organisasi tidak memiliki nilai yang sama. Beberapa proses ada yang lebih penting dari proses lainnya karena dampaknya kritikal/esensial (perlu sekali) bagi kesuksesan organisasi. Untuk itu diperlukan istilah core (inti) untuk membedakan proses yang kritikal dan esensial bagi kesuksesan organisasi tersebut dengan proses lainnya. Dalam konteks proses tersebut sering disebut dengan istilah core process.
Atribut suatu proses diklasifikasikan sebagai core process seyogianya mempertimbangkan sebagai berikut:
ü Kepentingan strategik
ü Dampak pelanggan
ü Lintas sistem fungsional
Rangkaian kegiatan utama (primary activities) suatu perusahaan jasa, misalnya mulai dari kegiatan terima jasa – operasional – penyerahan & penagihan – pengembangan jasa & pemasaran – layanan ke pelanggan; dalam meraih atau mengejar besaran laba yang ditetapkan oleh para pemegang saham adalah contoh core process. Dari contoh core process ini dapat pula dilihat bahwa rangkaian kegiatan utama (primary activities) tersebut melintasi berbagai proses fungsional seperti layanan pelanggan untuk terima jasa (sering dikenal fungsional penjualan & pemasaran), operasi, layanan untuk penyerahan jasa, penagihan (sering dikenal fungsional keuangan) dan lainnya. Dengan perkataan lain, kegiatan lintas proses fungsional sering dipandang sebagai core process.
Kompetensi inti menunjukkan bidang keahlian terhebat pada suatu organisasi dan cenderung berorientasi teknikal. Jika cenderung berorientasi sosial sering disebut kapabilitas organisasi (lihat bab mendiagnosi people). Kompetensi inti merupakan kapabilitas penting strategis yang memberikan keunggulan dalam lingkungan layanan atau pasar. Kompetensi inti dapat melibatkan keahlian teknologi, sumbangan layanan unik, ketajaman/kecerdasan bisnis khusus. Seyogianya core process organisasi didukung dengan core competence. Contoh kompetensi inti pada perusahaan Unilever adalah distribusi dan marketing, sedangkan restoran McDonald memiliki kompetensi inti mengenai mutu (konsistensi), layanan dan kebersihan.

Tidak ada komentar: